top of page

18 WISDOM & SUCCESS

Tahun diterbitkan: 2008

Diterbitkan oleh: AW PUBLISHING

Bab 1: Gagal dan Bangkit lagi

Selama kita masih memiliki tujuan yang mengghairahkan untuk dicapai, tidak pantas kita patah semangat di tengah jalan, kerana dalam kenyataannya tidak ada sukses sejati yang tercipta tanpa melewati kegagalan.

Bab 2: Waktu yang Berputar

Sesungguhnya kenikmatan kesuksesan justru berada pada nilai proses perjuangan yang kita lakukan dan kemampuan kita mengatasi setiap halangan yang menghadang.

Bab 3: Hati Sang Ibu

Setiap menghadapi situasi yang berubah terus menerus, selama kita memiliki kebijakan dan kekayaan mental dalam menghadapinya, niscaya kita akan menjadi pemenang yang sesungguhnya.

Bab 4: Noda Hitam di Atas Kertas Putih

Kalau kita bisa memandang secara positif setiap masalah yang muncul dari kacamata kelemahan kita dahulu, bukan pada kesalahan orang lain, maka kita akan mudah mendapatkan solusi yang terbaik dalam memecahkan problem itu.

Bab 5: Bibit yang Tak Bisa Bertunas

Kejujuran adalah mata wang yang berlaku di mana-mana. Walaupun kita hidup tidak berlimpahkan harta, namun dengan kejujuran hidup kita akan bebas dari perasaan was-was, takut dan cemas.

Bab 6: Si Cacat

Walaupun secara fisik ada orang yang mungkin tidak sempurna, tetapi kerana ia mempunyai mental kemandirian untuk berjuang, harkat dan martabat dirinya sebagai manusia pasti akan terangkat.

Bab 7: Kumpulkan Kapas-Kapas yang Tersebar

Jauh lebih bijaksana jika kita bisa melakukan sesuatu yang membuat orang lain senang dan berbahagia dengan lebih banyak menceritakan kebaikan daripada keburukannya.

Bab 8: Lemparan Batu

Hidap akan jauh lebih indah dan bermakna jika kita mampu menyisihkan sebagian rezeki, waktu dan tenaga untuk memperhatikan dan membantu orang lain yang membutuhkan.

Bab 9: Mencari Pekerjaan

Kasih sayang dan pengorbanan orang tua, tak kan bisa dinilai atau dihargai dengan apa pun. Dengan menyelami arti pengorbanan ibu, kita akan menemukan dan memahami nilai kasih sayang sejati.

Bab 10: Kosongkan Cangkir Tehmu

Sikap “open mind” dan rendah hati akan membuat kita bertambah teman, relasi, wawasan dan pengetahuan sehingga kesemuanya itu menjadi kekuatan pendorong untuk mengembangkan potensi diri guna meraih kesuksesan.

Bab 11: Hukuman Sang Bangsawan

Kemarahan yang tidak terkendali sesungguhnya adalah emosi yang membutakan mata hati. Tidak peduli apapun akibat dan risikonya, penyesalan selalu di belakang menyertainya.

Bab 12: Rumah Cicilan

Perlu pola fikir yang benar, realitis dan seimbang dalam menentukan impian yang akan kita raih. Buat apa memaksakan sesuatu yang tak perlu dipaksa jika hanya penyesalan yang akan kita terima di kemudian hari.

Bab 13: Tulisan di Atas Pasir

Bila ada orang lain yang berbuat salah kepada kita, tuliskan kesalahannya di atas pasir, bahkan di udara. Dengan begitu, kesalahan tersebut akan segera berlalu bersama tiupan angin sehingga kita tidak perlu kehilangan setiap kesempatan untuk berbahagia.

Bab 14: Pengecut Mau Bunuh Diri

Hidup adalah tanggung jawab. Daripada berani mati secara pengecut, jauh lebih baik berani hidup secara kesatria, maka hidup kita akan lebih bernilai.

Bab 15: Dua Pertanyaan Raja

Kebaikan yang berlandaskan keikhlasan laksana bibit yang kita tabur, kelak buahnya kita sendiri yang akan menuainya.

Bab 16: Sekantong Kue

Jauhkan diri dari sifat suka mencari kambing hitam persoalan, kendalikan fikiran secara jernih. Dengan begitu, tiap masalah akan terselesaikan dengan lebih mudah dan dapat mencapai ‘win-win solution’.

Bab 17: Seikat Bunga untuk Sang Kekasih

Saling mencurahkan perhatian kepada keluarga, saling menyapa dengan tetangga, saling mendukung dengan kerabat di kantor, akan membuat hidup ini terasa lebih harmoni.

Bab 18: Hiduplah Saat Ini

Hiduplah saat ini. Tidak usah menyesali hari kemarin kerana hari kemarin sudah berlalu. Pun jangan cemas akan hari esok, kerana hari esok belum datang.

Manfaat/ pengajaran yang diperoleh daripada buku yang dibaca:

Kejayaan memerlukan kesungguhan, kejujuran, keikhlasan dan kerendahan hati untuk diraih. Lupakan kesalahan orang lain terhadap kita dan berbuat kebaikan untuk membahagiakan orang lain. Kasih sayang keluarga dan lingkungan serta berbahagi rezeki, masa dan tenaga kepada yang memerlukan menjadikan masalah mudah dihadapi dan kehidupan lebih harmoni.

SHAMSIAH BT MD NASIR

Sektor / Unit/ Organisasi : JIP, IPG KPT

18 WISDOM & SUCCESS


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page